Tips Cegah Berat Badan Naik Saat Lebaran

Lebaran, sebagai momen Keagamaan serta Hari Raya yang penuh kebahagiaan dan sukacita sangat identik dengan ragam hidangan kuliner yang lezat. Bagi banyak orang, kegembiraan ini juga berarti risiko kenaikan berat badan yang signifikan. Menghadapi godaan makanan yang menggiurkan, menjaga berat badan tetap stabil bisa menjadi tantangan tersendiri. Sehingga, dibalik festivitas dan hindangan yang melimpah, tersembunyi tantangan sendiri, yaitu bagaimana menikmati kelezatan kuliner lebaran tanpa menambah berat badan yang signifikan?

Umumnya, lebaran memang seringkali berhubungan dengan keberlimpahan kue-kue manis dan hidangan lezat lainnya yang sulit dihindari. Akan tetapi, menjadi bijaksana dalam mengelola pola makan dan gaya hidup selama lebaran merupakan kunci untuk tetap sehat dan menjaga berat badan ideal. Oleh karena itu, dengan beberapa strategi dan saran nutrisi yang tepat, Lebaran tetap bisa dinikmati tanpa khawatir tentang kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mencegah berat badan naik selama Lebaran:

1. Menjadi Pintar dalam Memilih Porsi

Ketika dihadapkan dengan hidangan lezat, menjadi pintar dalam memilih porsi adalah kunci utama. Hindari mengambil porsi berlebihan dan pertimbangkan untuk mengambil porsi kecil dari berbagai hidangan, daripada makan banyak dari satu hidangan saja.

2. Berfokus pada Makanan Sehat

Saat berada di meja makan, prioritaskan makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Pilihlah buah-buahan, sayuran segar, dan protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan, atau ayam tanpa kulit sebagai bagian utama dari hidangan Lebaran.

3. Jangan Lupakan Serat

Makanan yang kaya serat dapat membantu menjaga perut kenyang lebih lama, mengurangi nafsu makan berlebihan, dan mengontrol kadar gula darah. Pilihlah sumber serat seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

4. Batasi Konsumsi Gula dan Lemak

Hindari makanan atau minuman yang tinggi gula tambahan dan lemak jenuh, seperti kue-kue manis, minuman bersoda, dan makanan gorengan. Pilihlah camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar atau kacang-kacangan panggang.

5. Berolahraga Secara Teratur

Jangan lupakan pentingnya berolahraga secara teratur, bahkan selama periode liburan seperti Lebaran. Sisihkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari, seperti berjalan-jalan santai, bersepeda, atau berenang, untuk membantu membakar kalori ekstra dan menjaga berat badan tetap stabil.

6. Tetap Terhidrasi

Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, terutama saat menikmati hidangan Lebaran yang banyak mengandung garam atau bahan tambahan lainnya. Air membantu menjaga tubuh terhidrasi, mengurangi rasa lapar, dan mendukung fungsi pencernaan yang sehat.

7. Jaga Kendali Diri

Terakhir, tetaplah memiliki kendali diri dan ingatlah bahwa keseimbangan adalah kunci. Tidak perlu menolak semua makanan lezat, tetapi cobalah untuk menikmatinya dengan porsi yang wajar dan seimbang.

Dengan menerapkan strategi dan saran nutrisi ini, keseimbangan antara menikmati hidangan Lebaran yang lezat dan menjaga berat badan tetap stabil tetap dapat dipertahankan. Lebaran adalah saat untuk merayakan bersama keluarga dan teman-teman, tetapi juga penting untuk tetap memprioritaskan kesehatan tubuh. Download aplikasi IHC Telemed di App Store dan Google Play dan nikmati layanan konsultasi langsung dengan dokter IHC dimana pun dan kapan pun. IHC Telemed, sehat dalam genggaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top